Selasa, 01 Maret 2011

PERALATAN INPUT

PERALATAN INPUT


Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Input juga dibagi dua yaitu input sinyal dan maintenance. Input sinyal adalah data atau program yang
dimasukan kedalam sistem komputer. Sedangkan maintenance adalah
program yang digunakan untuk mengolah data input sinyal. Contoh-contoh
perangkat input adalah :

• Keyboard
Keyboard ditemukan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak
dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard adalah papan ketik yang berfungsi sebagai media interaksi antara user dengan mesin. Merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.


• Mouse
Mouse ditemukan pertama kali oleh Douglas Engelbert. Penunjuk (pointer) yang dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Mouse memiliki sensor untuk mengetahui kemana arah yang dikehendaki oleh pemakainya. Sensor ini diantaranya adalah melalui bola dan cahaya. Untuk mouse yang memiliki sensor dengan menggunakan bola, jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).
Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua
tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan.
Namun ada tombol ketiga yaitu tombol scroll. Tombol ini berguna untuk menaik-turunkan jendela windows.



• Joystick
Masukan berupa tongkat yang menangkap gerakan-gerakan dinamis dan mengubah gerakan tersebut menjadi data untuk diolah oleh komputer. Joystick disebut juga penggerak penunjuk. Joystick biasanya digunakan sebagai alat permainan.


• Trackball
Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse. Alat ini mirip mouse yang dibalik. Digunakan dengan menggelindingkan bolanya.



• Digitizer
Piranti masukan yang menggunakan media magentis. Alat ini sangat tepat dan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta dari gambar ke kertas layar komputer. Digitizer banyak digunakan pada PDA.



• Voice Recognition
Pengenal suara. Kemampuan mengenal suara secara spesifik. Suara individual mirip dengan pengenalan sidik jari. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menafsirkan kata-kata yang diucapkan oleh manusia. Dalam pengaplikasiannya, anda dapat memberi perintah kepada komputer secara lisan. Misalnya, anda dapat menulis surat tanpa perlu mengetiknya. Untuk itu anda harus menggunakan mikrofon.


• Kamera
Kamera yang mampu merekam gambar diam atau bergerak. Kamera merupakan program untuk mengambil suatu gambar.


• Scanner
Scanner banyak dignakan untuk memindai gambar tulisan atau objek benda kedalam format elektronik sehingga dapat diolah komputer. Scanner akan mengukur cahaya untuk memperoleh image. Umumnya kualitas scanner dilihat pada kualitas gambar yang dihasilkan.


• Mic (Microfon)
Mic digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar